Matir: Prepare

Masalah?

Tindakan pihak online shop lain yang mengambil foto produk dan video testimoni tanpa izin digunakan untuk media promosi produk yang dijualnya. Merupakan pelanggaran hak cipta atas karya fotografi. 

Kenapa masuk pelanggaran Hak Cipta? 

Karena sesuai dengan pasal 9 ayat 3 bahwasanya setiap orang yang tanpa izin pencipta dilarang menggunakan atau menggandakan ciptaan secara komersil

Pasal 9 isinya apa?

Pasal 9 ayat 1 dia berisi tentang pencipta punya hak ekonomi untuk melakukan tindakan penggandaan, penerbitan, atau pengumuman.

Pasal 9 ayat 2, jika seseorang hendak menggunakan hak ekonomi harus meminta izin kepada pencipta. 

Sedangkan pasal 9 ayat 3, seseorang yang tanpa izin dilarang menggunakan atau menggandakan ciptaan secara komersil. 

Mengapa masuk karya fotografi?

Foto produk adalah dihasilkan oleh kamera. Sesuai dengan definisinya ciptaan adalah setiap hasil karya di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang dihasilkan atas inspirasi, kemampuan, keahlian, dan ketrampilan yang diekspresikan dalam bentuk secara nyata. (pasal 1 ayat 3)

Sementara itu, karya fotografi adalah semua foto yang dihasilkan kamera.  Karena menggunakan kamera khusus, setidaknya dengan keahlian dan kemampuannya sendiri.

Bagaimana pengumpulan data?

Pertama, wawancara semi-struktur. 
Kedua, pengamatan secara partisipatoris.
Ketiga, dokumentasi.  

Sumber data yang dianalisis?

Sumber yang digunakan adalah data primer, data skunder, dan data tersier. Data utama saya adalah hasil dari wawancara, pengamatan, dan dokumentasi.  Wawancaranya yaitu meliputi pengetahuan, kepatuhan dan penyebab para komunitas Leader Indonesian Online dalam penggunaan testimoni dan juga foto produk sebagai media iklan. 

Nah, saya kategorikan siapa saja yang menjadi narasumber-nya, kemudian saya susun pertanyaan yang berkaitan dengan tiga hal tadi, lalu saya susun informasi berdasarkan jawaban masing-masing narasumber. 

Sedangkan pengamatan yaitu saya bergabung dengan komunitasnya, saya aktif di dalamnya, kegiatannya saya ikuti, termasuk sekolah bisnisnya. Kemudian saya jelaskan sekolah bisnis adalah kegiatan belajar mereka dalam mengembangkan bisnisnya melalui banyak metode dan cara. Kemudian saya dokumentasikan baik kegiatan atau bukti-bukti seperti testimoni, dan foto produk. 

Lokasinya dimana?

Lokasi ditentukan pengamatan terlebih dahulu. Yakni ada dua basecamp mereka di Angkringan Coffe dan Chicken Crush. Kalo chicken crush itu pertemuan internal untuk mengembangkan bisnisnya. Kalo angkringan member dan calon prospek jadi satu.

Bagaimana memilih sampel ini?

Sesuai dengan kriteria. Pertama, dia anggota komunitas Leader Indonesian Online, kedua dia aktif berjualan di Lion sampai sekarang, ketiga dia menggunakan video testimoni dan foto produk sebagai media promosi. 

Jenis penelitian apa yang digunakan?

Penelitian empiris, dan pendekatannya kualitatif. 
Jelaskan sedikit tentang penelitian kualitatif terutama yang berhubungan dengan kasus ini?

Kualitatif artinya tata cara penelitian menghasilkan data deskriptif yaitu apa yang dinyatakan narasumber baik secara lisan atau tulisan dan perilakunya yang nyata. Jadi, penelitian ini memuat penjelasan tentang proses-proses yang terjadi di lingkungan setempat. 


 
 

 



Comments

Popular posts from this blog

REVIEW FILM: KAFIR-BERSEKUTU DENGAN SETAN (2018)

Aku Ingin Sembuh Dari Lelah Mental

Prestasi!