Review Film, "The Secret: Suster Ngesot Urband Legend" [2018]
Hey, hey, pejuang muda! Apa kabarmu? Apakah hidup masih memberatkanmu? Ayolah wake up guys. Don't be bothered.
Lo lagi jenuh? Masalah apa? Tugas? Make it simple, kalo bener-bener capek, istirahat dulu, refresh sejenak, tenangin pikiran. Break your routine.
Temen-temen gini, gue mau bagi rahasia, sebenernya kita kaya banget, lur. Kalo ada yang bilang waktu adalah uang, gue berpendapat lain, karna menurut gue, waktu lebih dari uang. Dan kita muda, kita masih punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang kita senengin, kita muda, lur.
So, karena kita muda kita masih banyak waktu untuk belajar tentang apapun. Ya, belajar nge-review film misalnya. Gue sepemikiran sama bang Joko Anwar, sutradara Film Pengabdi Setan, menurutnya slogan "dukung karya anak bangsa" itu bikin kerdil. Suatu karya, termasuk film, harus didukung bukan cuma karena bikinan orang Indonesia. Dukung kalau bagus aja. Keenakan nanti pembuat film yg malas, merasa bakal didukung walau bikin film asal. Banyak di Indonesia.
Nah, kali ini gue bakal nge-review film karya anak negeri yang baru aja tayang serentak kemaren tanggal 26 April, masih anget, "Suster Ngesot Urband Legend" karya Raffi Ahmad dan Arie Azis.
Judul: The Secret: Suster Ngesot Urband Legend
Genre: Horor
Sutradara: Raffi Ahmad dan Arie Azis
Produser: Raffi Ahmad
Pemain: Nagita Slavina, Marshanda, Kanaya Gleadys, Raffi Ahmad, Roy Marten, Tyas Mirasih, Kartika Putri, Wika Salim, Lia Waode
Sinopsis: Film ini menceritakan kisah seorang gadis bernama Kanaya (Nagita Slavina) yang baru saja pulang dari studinya di Melbourne, Australia. Sepulangnya dari sana, Kanaya dikejutkan dengan ayahnya (Roy Marten) yang menikahi dengan wanita yang usianya sama dengan dirinya, Sofie (Tyas Mirasih). Nah, gara-gara ini Kanaya memutuskan buat meninggalkan rumah dan di perjalanannya tersebut, Kanaya mengalami kecelakaan yang membuat dirinya harus dirawat di rumah sakit yang agak seram. Dari situlah Kanaya mulai diteror oleh Suster Ngesot. Dengan terjadinya konflik keluarga yang dialaminya serta teror Suster Ngesot membuatkan Kanaya mulai depresi. Lu mungkin perlu baca ini sebentar ya, The Secret: Suster Ngesot Urban Legend/Wikipedia
Poster film kan daya magis ya, buat narik penonton. Poster the Secret ini seru lihatnya, beda dari yang lain, langsung close up dua pemain utamanya. Ada yang jadi pertanyaan, editornya dapet inspirasi darimana ya. Ini poster film horor, mungkin gak perlu dibuat gitu juga wajah pemainnya. Sayang aja gitu, judulnya suster ngesot kenapa foto utamanya Nagita sama Marsha diiket dengan rambut gitu, yang rasanya ingin gue sisir deh.
Ya, tapi mungkin udah direncanain sama produser film ya. Gak jelek-jelek juga, maksudnya emang layak gitu dijadiin poster film horor. Masih nyambung.
Cuman lain waktu mungkin bisa lah ya, ganti foto utamanya, misal poin penting dari film horornya apa. Kalo film Conjuring misalnya, kan itu dari poster bener-bener nonjolin kalo paling ngaruh bakal sering main ya foto si hantu yang duduk di kursi goyang itu.
Cuman lain waktu mungkin bisa lah ya, ganti foto utamanya, misal poin penting dari film horornya apa. Kalo film Conjuring misalnya, kan itu dari poster bener-bener nonjolin kalo paling ngaruh bakal sering main ya foto si hantu yang duduk di kursi goyang itu.
Perspektif sinematografinya, bagian penting dalam film adalah kru kamera. Film the Secret pencahayaan setiap adegannya normal kaya film yang lain, lightingnya udah pas. Filter dan efek yang dikasih juga udah oke. Tapi masih bisa dibuat setiap scene lebih realistis lagi.
Camera opeatornya ini kayaknya ngerekam tiap adegan pake tangan langsung. Nah, di banyak adegan keliatan goyang-goyang. Gak pake tripod atau stabilizer kamera. Gitu ya?
Ini adegan film horor, harusnya lebih dimatengin lagi biar sempurna, seperti wide shot, close up shot, sampe low angle yang bikin suasana film mencekam terasa alami dan membawa kita jadi enjoy nontonnya. Biar gak goyang-goyang, kasih tripod atau stabilizer. Udah zoom, ditimpa fokus kameranya yang kurang pas anglenya. Kebayang gak?
Perspektif horornya, film the Secret yang emang beda dari yang lain. Ya gak beda-beda amat. Film yang lain alur ceritanya tertata semua ya, mulai kapan hantu muncul, kapan dia sembunyi, kapan dia hanya meninggalkan bayang-bayang, kapan dia cuma bunyi-bunyi aja. Nah, kalo the Secret ini penulis naskahnya udah bagus nih dari awal sampe akhir. Beneran bagus, nyentuh banget. Tapi sebenarnya ada beberapa adegan dalam naskah yang gak perlu dimasukin film juga. Malah kesannya kayak asal ada hantu. Terutama bagian munculnya hantu.
Hantunya udah nyeremin banget, penata artistiknya ngerancang kostum, make up, ya tata riasnya udah bagus lah. Dengan ciri khasnya suster ngesot. Nah, hantunya ini kadang muncul mendadak gak sesuai dengan cerita sebelumnya, tapi kadang juga ilang-ilang sendiri gak jelas. Baru ditimpa pas adegan klimaks mendekati akhir. Abis itu ngeh sama alur cerita.
Ini film horor, harusnya dibikin lebih real sesuai dengan zaman. Misalnya aja adegan suster ngesot di siang hari bawah pohon, kan lucu kalo hantu muncul di siang bolong. Soalnya hantu di Indonesia umumnya juga muncul malam hari.
Ini film horor, harusnya dibikin lebih real sesuai dengan zaman. Misalnya aja adegan suster ngesot di siang hari bawah pohon, kan lucu kalo hantu muncul di siang bolong. Soalnya hantu di Indonesia umumnya juga muncul malam hari.
Sedikit bocoran, beberapa poin cerita yang gue anggap paling mengganggu. Misalnya saat Kanaya (Nagita Slavina) masuk rumah angker di belakang rumah villanya, tiba-tiba pintu ketutup yang sebelumnya gak ada tayangan rumah itu. Suster ngesot yang muncul di balik tirai, terus tiba-tiba pintu buka lagi pas Kanaya mau buka tirainya.
Enggak cuma ini, lo yang nonton pun pasti penasaran. Soalnya, adegan ini terlihat seperti jadi poin penting yang berkaitan dengan cerita. Nyatanya, setelah Teddi Ahmad masuk kuburan, dia gak bener-bener hilang, kesannya nanggung banget. Pertanyaan ini pada akhirnya gak terjawab sampai film tuntas dan udah dilupain begitu aja.
Jadi merinding gue. Ah, parno. Ya gue mah berdoa aja. :)
Aspek musik dan suara secara keseluruhan, gak masalah buat setiap adegan. Karena ini filmnya sering munculin hantu, jadi efek jumpscare gak dikasih kendor. Tapi ini gak negatif kok, mungkin udah direncanain sama Raffi Ahmad sendiri, dia kan mau ngasi film ini bener-bener beda dari yang lain, bukan film ecek-ecek. Jadi, ya Raffi bener-bener berani mainin emosi penonton setiap adegan.
Gue akuin, target Raffi emang gak meraup untung kok. Dia berusaha menampilkan film horor dengan kualitas yang gak ecek-ecek, dilihat dari pemilihan pemain film misalnya.
Karena filmnya juga gak jelek-jelek amat menurut alur ceritanya. Gue bisa nangkep pelajaran penting, di sini kan ada romance, komedi, horor dijadiin satu ya, emang real bagus banget bagian endingnya. Bahkan gue sempet nangis, terharu soalnya. Gue gak abis fikir, bisa segila itu alur cerita yang dibalut dengan horor tapi tetep menyentuh.
Karena filmnya juga gak jelek-jelek amat menurut alur ceritanya. Gue bisa nangkep pelajaran penting, di sini kan ada romance, komedi, horor dijadiin satu ya, emang real bagus banget bagian endingnya. Bahkan gue sempet nangis, terharu soalnya. Gue gak abis fikir, bisa segila itu alur cerita yang dibalut dengan horor tapi tetep menyentuh.
Yaudah si gitu aja, barangkali lo gak ada waktu buat nonton film di bioskop karena fokus tugas kuliah atau apa, no problem. Orang mah bebas milih dalam hidup. Semoga film yang gue review kali ini bermanfaat buat kita semua. Barangkali lo mau nonton juga, silahkan.
Keep spirit :)









Intronya puaanjang juga untuk sebuah rivew. Tapi baru ini mampir blogmu dan mungkin ini khasmu untuk mengawali tulisan.
ReplyDeleteHantu muncul siang hari ga sesuai jaman? Aku rasa justru pemikiran hantu cuma muncul malem hari yang malah sempit dan ga bergerak sesuai jaman. Di film Bayi Gaib pun hantunya dateng ga kenal waktu. Pergeseran ini aku rasa justru keren. Serem-sereman ga harus malem.
Panjaaang banget emang sih, haha
Deletengga mba, introku biasanya ga panjang. Emang kebetulan mikir banget gitu.
Iya, kali pergeseran zaman, betul.